Apa masalah publik yang akan diselesaikan dalam komitmen ini?

Kehadiran Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) telah menjadi kanal rujukan utama terkait pengaduan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh badan publik. Namun demikian, dari 653 instansi yang telah terhubung dengan LAPOR!, baru 122 instansi (19%) yang dapat dikatakan baik. Hal tersebut diukur dari indikator penindaklanjutan pengaduan paling sedikit 50% dari jumlah pengaduan yang masuk pada masing-masin instansi. Jumlah tersebut belum lagi diukur dengan memperhatikan kecepatan respon terhadap pengaduan dan juga indikator lainnya. Oleh sebab itu, peningkatan pelayanan LAPOR perlu menjadi perhatian untuk memastikan layanan pengaduan pelayanan publik dapat dilakukan dengan baik.

Apa Bentuk Komitmenya?

Meningkatkan responsivitas instansi pengaduan pelayanan publik yang telah terhubung dengan SP4N-LAPOR! untuk mendorong peningkatan nilai persentase pengaduan yang ditindaklanjuti oleh masing-masing instansi.

Bagaimana komitmen ini dapat menyelesaikan permasalahan publik?

Diharapkan melalui komitmen meningkatkan responsivitas pengelolaan pengaduan SP4N-LAPOR! layanan pengaduan publik dapat diselesaikan dengan baik. Sehingga dapat memperkecil kerugian masyarakat akibat penyelenggaraan pelayanan publik yang kurang baik. Tingkat responsivitas juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap pengelolaan pengaduan serta instansi penyelenggara pelayanan publik itu sendiri.

Mengapa komitmen ini relevan terhadap nilai-nilai Keterbukaan Pemerintah?

Komitmen ini relevan dengan nilai keterbukaan yakni transparansi dan akuntabilitas. Dengan respon yang cepat, tingkat kepercayaan publik terhadap LAPOR! dapat meningkat, sehingga diharapkan pula dapat meningkatkan jumlah pengaduan publik melalui layanan LAPOR! Dengan demikian keberlanjutan LAPOR! sebagai kanal untuk meningkatkan transparansi setiap proses penyelenggaraan pelayanan publik akan terus terjaga. Hal ini akan mendorong penyelenggaraan pelayanan publik yang semakin transparan dan akuntabel.

Kesesuaian dengan RPJMN dan SDGs

Komitmen ini akan mendukung SDGs ke-16, yaitu Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang tangguh, dengan target 16.7 yaitu menjamin pengambilan keputusan yang responsif, inklusif, partisipatif dan representatif di setiap tingkatan dan target 16.6, yaitu emngembangkan lembaga yang efektif, akuntabel, dan transparan di semua tingkat.

Kegiatan terkait komitmen:

Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan SP4N-LAPOR! Tengah Tahun 2021: https://youtu.be/pwVZ1p5vKrQ

Kementerian/Lembaga Pelaksana
  1. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB)
Organisasi Masyarakat Sipil Pelaksana
  1. Pusat Telaah dan Informasi Regional (PATTIRO)
Kontak

sekretariat.ogi@bappenas.go.id
+6221-3148-551 ext. 3504



Ukuran Keberhasilan 2020-2022 Status Data Dukung
1. Laporan pengaduan melalui SP4N-LAPOR! ditindaklanjuti (target tingkat penyelesaian minimal 45% dari jumlah pengaduan pada tahun 2022) Sedang Berjalan Data jumlah laporan Semester I https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/iUvDMAU8hEptyfy
2. Peningkatan kinerja pengelolaan SP4N-LAPOR! oleh instansi pemerintah (30% instansi pemerintah menindaklanjuti minimal 45% laporan di tahun 2022) Sedang Berjalan Data jumlah tindak lanjut dari Kementerian/Lembaga https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/V3jNlmuOEe1uGIP
3. Terbukanya rekapitulasi laporan data dan informasi terkait pengaduan publik Sedang Berjalan Rencana keterbukaan rekapitulasi data https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/AFqxpfoJzzt4jlQ
Ikut Serta dalam Aksi Keterbukaan Pemerintah dengan Memberi Masukan .