Apa masalah publik yang akan diselesaikan dalam komitmen ini?

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mempunyai portal informasi berbasis website untuk hampir setiap tahapan pemilu. Akan tetapi, portal KPU saat ini merupakan portal informasi yang dihimpun dari berbagai sistem informasi. Sistem informasi Pemilihan Umum (Pemilu) tersebar di berbagai domain yang berbeda dan tidak tersentralisasi. Adanya portal informasi yang lengkap akan memudahkan Warga Negara Indonesia (WNI) untuk mengetahui semua informasi yang terintegrasi.

Apa Bentuk Komitmenya?

Komitmen ini mendorong penyelenggara pemilu menyediakan data-data pemilu dalam format terbuka yang dapat diakses semua kelompok masyarakat dalam satu portal terintegrasi.

Bagaimana komitmen ini dapat menyelesaikan permasalahan publik?

Ketersediaan data terbuka berguna bagi berbagai kalangan (pemilih, kandidat, penyelenggara, dan pengawas pemilu) untuk mengakses informasi terperinci dan memungkinkan semua kalangan mengikuti dan memahami proses dan hasil pemilu. Data terbuka juga memungkinkan pemilu berjalan lebih inklusif, transparan, dan terpercaya.

Mengapa komitmen ini relevan terhadap nilai-nilai Keterbukaan Pemerintah?

Komitmen ini sejalan dengan nilai-nilai keterbukaan pemerintah yakni transparansi dan partisipasi. Program penguatan ekosistem keterbukaan data dan informasi pemilu bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemilu. Pemilu yang terbuka diharapkan mampu merangsang partisipasi masyarakat yang lebih bermakna seperti keaktifan untuk mencari informasi tentang kandidat dan turut mengawal jalannya penghitungan suara. Seiring dengan itu, diharapkan kepercayaan masyarakat juga kian tumbuh.

Kesesuaian dengan RPJMN dan SDGs

Komitmen ini sejalan dengan Program Prioritas RPJMN yaitu Konsolidasi Demokrasi SDGs Goal ke-16 yakni menyediakan akses terhadap keadilan bagi semua dan membangun institusi-institusi yang efektif, akuntabel dan inklusif di semua level.

Kegiatan terkait komitmen:

Webinar Ekosistem Civic Tech & Kesiapan Data Pemilu Terbuka dalam Rangka Meningkatkan Integritas Pemilu: https://www.youtube.com/watch?v=d_P1lqIl03o dan OGI News https://ogi.bappenas.go.id/storage/files/news/VwCBnJz84zu8a6kOSifguz4jDN04tu5J3clnapVp.pdf

Kementerian/Lembaga Pelaksana
  1. Komisi Pemilihan Umum (KPU)
Organisasi Masyarakat Sipil Pelaksana
  1. Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem)
Kontak

sekretariat.ogi@bappenas.go.id
+6221-3148-551 ext. 3504



Ukuran Keberhasilan 2020-2022 Status Data Dukung
1. Tersedianya sistem informasi penyelenggaraan pemilu yang terintegrasi dan portal pusat publikasi penyelenggaraan pemilu dalam format terbuka (open data) dari seluruh sistem informasi yang digunakan oleh KPU. Sedang Berjalan Bahan masukan dari PERLUDEM terkait keterbukaan data pemilu https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/Xt5nyM2rrEeOEzJ
2. Terselenggaranya uji coba berulang rekapitulasi elektronik di beberapa daerah sebagai program percontohan pengelolaan data hasil pemilu yang cepat, transparan, dan akuntabel. Sedang Berjalan Bahan masukan dari PERLUDEM terkait keterbukaan data pemilu https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/Xt5nyM2rrEeOEzJ
Ikut Serta dalam Aksi Keterbukaan Pemerintah dengan Memberi Masukan.