Apa masalah publik yang akan diselesaikan dalam komitmen ini?

Platform pelayanan kesehatan yang dikembangkan Kementerian Kesehatan seperti IHeFF baru menyediakan informasi terkait lokasi fasilitas kesehatan dan tenaga medis yang ada di sana. Namun, belum ada platform khusus yang dapat digunakan oleh perempuan untuk dapat menemukan informasi tentang lokasi fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan kesehatan seksual dan reproduksi, pemeriksaan kehamilan, informasi tempat untuk melahirkan yang aman, serta akses untuk alat kontrasepsi.

Apa Bentuk Komitmenya?

Kementerian Kesehatan sedang mengembangkan M-Health sebagai aplikasi mobile yang dapat digunakan oleh tenaga kesehatan untuk mengecek kondisi masyarakat yang terdaftar aplikasi tersebut, sehingga masyarakat dapat berinteraksi dengan tenaga kesehatan secara remote. Kedepannya, aplikasi ini diharapkan dapat mengakomodasi layanan kesehatan seksual dan reproduksi.

Bagaimana komitmen ini dapat menyelesaikan permasalahan publik?

Dengan adanya tambahan fitur terkait layanan kesehatan seksual dan reproduksi di dalam aplikasi M-Health, masyarakat dapat berinteraksi dengan tenaga kesehatan untuk konsultasi kesehatan secara remote. Hal ini akan menghemat waktu dan meminimalisasi kontak fisik selama pandemi karena masyarakat hanya akan datang ke lokasi fasilitas kesehatan jika memang ada indikasi serius setelah adanya interaksi dalam M-Health.

Mengapa komitmen ini relevan terhadap nilai-nilai Keterbukaan Pemerintah?

Komitmen ini relevan dengan nilai-nilai Keterbukaan Pemerintah, khususnya transparansi dan partisipasi masyarakat. Penggunaan teknologi akan membuka data terkait fasilitas kesehatan yang dibutuhkan masyarakat dan memberikan akses terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi semua dan memudahkan masyarakat untuk memberikan umpan balik sebagai bentuk partisipasi perbaikan layanan yang ada.

Kesesuaian dengan RPJMN dan SDGs

Program ini akan mendukung Goal 3 dalam SDGs yakni Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Selain itu, program ini sejalan dengan Agenda Pembangunan Nasional dalam RPJMN 2020-2024, khususnya Kegiatan Prioritas Peningkatan kesehatan ibu, anak, keluarga berencana (KB), dan kesehatan reproduksi.

Kegiatan terkait komitmen:

Open Service Delivery in Health: OGI News https://ogi.bappenas.go.id/storage/files/news/UNmQRmstlnayVaVYDkT0LlZ0KvrbTcNoLR3HscW4.pdf

Kementerian/Lembaga Pelaksana
  1. Kementerian Kesehatan
Organisasi Masyarakat Sipil Pelaksana
  1. INFID (International NGO Forum on Indonesian Development)
Kontak

sekretariat.ogi@bappenas.go.id
+6221-3148-551 ext. 3504



Ukuran Keberhasilan 2020-2022 Status Data Dukung
Pengembangan Sistem Keterbukaan Informasi Pelayanan Kesehatan Seksual dan Reproduksi Berbasis Data yang dapat diakses oleh publik. Sedang Berjalan Uji Coba M-Health: https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/OXS7zaaZLIHGA1c
Ikut Serta dalam Aksi Keterbukaan Pemerintah dengan Memberi Masukan.