Kolaborasi antara Pemerintah Indonesia dan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) untuk melahirkan ide dan aksi dalam mendorong implementasi nilai transparansi, partisipasi, inovasi, akuntabilitas dan inklusif guna menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya.

Perjalanan OGI

2020

Gambar

- Pemerintah Indonesia sebagai anggota Steering Committee menghadiri OGP Steering Committee – Working Level Meeting di Jerman.

img

2019

Gambar

- Pemerintah Indonesia menghadiri OGP Summit di Kanada dan terpilih sebagai anggota Steering Committee OGP periode 2019-2022.

- Pemerintah Indonesia terpilih sebagai Co-Chair of Thematic Leadership Subcommittee OGP.

img

2018

Gambar

- Pemerintah Indonesia menghadiri OGP Summit di Georgia dan Asia Pacific Regional Meeting di Korea Selatan.

- Pemerintah Indonesia meluncurkan RAN Open Government yang kelima. RAN ini berfokus pada keterbukaan informasi publik, partisipasi masyarakat, transparansi data anggaran pendidikan, kesehatan, dan pengentasan kemiskinan, peningkatan pelayanan publik, serta perluasan akses layanan bantuan hukum.

img

2017

Gambar

Pemerintah Indonesia menyelenggarakan OGP Asia Pacific Leaders Forum di Jakarta.

img

2016

Gambar

- Pemerintah Indonesia meluncurkan RAN Open Government yang keempat. RAN ini berfokus pada peningkatan partisipasi publik, perbaikan tata kelola pemerintahan, penguatan keterbukaan informasi publik, dan penguatan tata kelola data.

- Platform API Pemilu, inisiatif Perludem memenangkan peringkat kedua dalam penganugerahan OGP.

img

2015

- Pemerintah Indonesia terpilih sebagai anggota Steering Committee OGP periode 2015-2018.

- Gerakan inisiatif Pencerah Nusantara memenangkan peringkat kedua dalam penganugerahan OGP.

img

2014

Gambar

- Pemerintah Indonesia menyelenggarakan OGP Asia Pacific Regional Conference pertama di Bali.

- Pemerintah Indonesia menerbitkan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2014 tentang Penetapan Keanggotaan Indonesia Pada Open Government Partnership.

- Pemerintah Indonesia meluncurkan RAN Open Government yang ketiga. RAN ini berfokus pada penguatan infrastruktur kelembagaan, peningkatan kualitas transparansi, partisipasi publik, dan layanan dasar masyarakat, area rawan korupsi, serta area strategis lainnya.

img

2013

- Pemerintah Indonesia terpilih sebagai Co-Chair dalam keanggotaan Steering Committee OGP.

- Pemerintah Indonesia meluncurkan RAN Open Government yang kedua. RAN Open Government kali ini berfokus pada peningkatan layanan dasar publik, perbaikan tata kelola layanan bisnis dan investasi, serta transparansi dan akuntabilitas manajemen anggaran publik.

img

2012

Pemerintah Indonesia meluncurkan Rencana Aksi Nasional (RAN) Keterbukaan Pemerintah / Open Government yang pertama. RAN yang pertama berfokus pada peningkatan layanan publik, perbaikan integritas institusi pelayanan publik, dan efektivitas pengelolaan sumber daya publik.

img

2011

Gambar

Pemerintah Indonesia bersama Pemerintah Amerika Serikat, Inggris, Norwegia, Meksiko, Brasil, Afrika Selatan dan Filipina mendirikan Open Government Partnership (OGP). OGP adalah inisiatif multilateral dimana tokoh perubahan pemerintah dan masyarakat sipil mengembangkan rencana aksi keterbukaan pemerintah untuk menciptakan pemerintahan yang inklusif, responsif, dan akuntabel.

img

2010

Gambar

Delegasi Pemerintah Amerika Serikat mengundang perwakilan berbagai negara untuk menggagas sebuah gerakan inovasi global dalam mendorong transparansi.

img