Open Government Partnership (OGP) Local

Open Government Partnership (OGP) Local merupakan sebuah upaya untuk mendorong kolaborasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat sipil dalam mewujudkan pemerintahan yang transparan, partisipatif, dan akuntabel. Inisiatif pembentukan OGP Local didasarkan pada penelitian (OGP, 2018) bahwa pemerintah daerah mempunyai peran yang besar dalam mendorong implementasi open government, karena pemerintah daerah dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat. Namun, kendala yang sering dihadapi oleh pemerintah daerah adalah keterbatasan sumber daya. Sehingga, diperlukan sebuah program untuk melibatkan dan mendukung pemerintah daerah dalam keanggotaan OGP.


Dua tujuan utama OGP Local meliputi:


• Menumbuhkembangkan nilai open government untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersifat masyarakat-sentris dan meningkatkan pelayanan publik.

• Menguatkan koordinasi dan kolaborasi pemerintah pusat dan daerah dalam mendorong penerapan nilai open government.


Dalam pemilihan OGP Local di tahun 2020, lebih dari 110 pemerintah daerah di seluruh dunia mendaftar. Namun, hanya 56 pemerintah daerah yang terpilih dalam OGP Local tahun 2020. Beberapa kota di dunia yang terpilih lainnya adalah Los Angeles di Amerika Serikat, Cataluna di Spanyol, Palermo di Italia dan sebagainya. Dalam pemilihan ini, Indonesia dan Meksiko merupakan dua negara dengan jumlah pemerintah daerah terbanyak yang lolos.