Kehadiran Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) telah menjadi kanal rujukan utama terkait pengaduan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh badan publik. Namun demikian, dari 653 instansi yang telah terhubung dengan LAPOR!, baru 122 instansi (19%) yang dapat dikatakan baik. Hal tersebut diukur dari indikator penindaklanjutan pengaduan paling sedikit 50% dari jumlah pengaduan yang masuk pada masing-masin instansi. Jumlah tersebut belum lagi diukur dengan memperhatikan kecepatan respon terhadap pengaduan dan juga indikator lainnya. Oleh sebab itu, peningkatan pelayanan LAPOR perlu menjadi perhatian untuk memastikan layanan pengaduan pelayanan publik dapat dilakukan dengan baik.
Meningkatkan responsivitas instansi pengaduan pelayanan publik yang telah terhubung dengan SP4N-LAPOR! untuk mendorong peningkatan nilai persentase pengaduan yang ditindaklanjuti oleh masing-masing instansi.
Diharapkan melalui komitmen meningkatkan responsivitas pengelolaan pengaduan SP4N-LAPOR! layanan pengaduan publik dapat diselesaikan dengan baik. Sehingga dapat memperkecil kerugian masyarakat akibat penyelenggaraan pelayanan publik yang kurang baik. Tingkat responsivitas juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap pengelolaan pengaduan serta instansi penyelenggara pelayanan publik itu sendiri.
Komitmen ini relevan dengan nilai keterbukaan yakni transparansi dan akuntabilitas. Dengan respon yang cepat, tingkat kepercayaan publik terhadap LAPOR! dapat meningkat, sehingga diharapkan pula dapat meningkatkan jumlah pengaduan publik melalui layanan LAPOR! Dengan demikian keberlanjutan LAPOR! sebagai kanal untuk meningkatkan transparansi setiap proses penyelenggaraan pelayanan publik akan terus terjaga. Hal ini akan mendorong penyelenggaraan pelayanan publik yang semakin transparan dan akuntabel.
Komitmen ini akan mendukung SDGs ke-16, yaitu Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang tangguh, dengan target 16.7 yaitu menjamin pengambilan keputusan yang responsif, inklusif, partisipatif dan representatif di setiap tingkatan dan target 16.6, yaitu emngembangkan lembaga yang efektif, akuntabel, dan transparan di semua tingkat.
Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan SP4N-LAPOR! Tengah Tahun 2021: https://youtu.be/pwVZ1p5vKrQ
sekretariat.ogi@bappenas.go.id
+6221-3148-551 ext. 3504
Ukuran Keberhasilan 2020-2022 | Status | Data Dukung |
---|---|---|
1. Laporan pengaduan melalui SP4N-LAPOR! ditindaklanjuti (target tingkat penyelesaian minimal 45% dari jumlah pengaduan pada tahun 2022) | Sedang Berjalan |
Data Dukung B06
https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/OKm7weB9Aj7UuFs
Data Dukung B12 https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/QhVZ8z00KYwc0wX Data Dukung B18 https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/eszHhW9PoKroId7 |
2. Peningkatan kinerja pengelolaan SP4N-LAPOR! oleh instansi pemerintah (30% instansi pemerintah menindaklanjuti minimal 45% laporan di tahun 2022) | Sedang Berjalan |
Data Dukung B06
https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/OKm7weB9Aj7UuFs
Data Dukung B12 https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/QhVZ8z00KYwc0wX Data Dukung B18 https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/eszHhW9PoKroId7 |
3. Terbukanya rekapitulasi laporan data dan informasi terkait pengaduan publik | Sedang Berjalan |
Data Dukung B06
https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/OKm7weB9Aj7UuFs
Data Dukung B12 https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/QhVZ8z00KYwc0wX Data Dukung B18 https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/eszHhW9PoKroId7 |