Di tengah masyarakat Indonesia sekarang ini, terdapat kelompok-kelompok masyarakat yang belum dapat dijangkau oleh pelayanan publik akibat adanya konflik vertikal (dengan pemerintah) maupun horizontal (dengan kelompok lain). Hal ini mengakibatkan adanya kesenjangan kesejahteraan antar kelompok yang tereksklusi dengan kelompok masyarakat lainnya. Salah satu dampak langsung yang bisa dirasakan adalah tidak didapatkannya Bantuan Langsung Tunai (BLT) karena kelompok tersebut tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).
Mendorong diseminasi konsep “Pelayanan Publik bagi Kelompok Marjinal” kepada Organisasi Perangkat Daerah - Pemerintah Daerah.
Model pelayanan publik untuk kelompok marjinal menggunakan pendekatan inklusi sosial. Pendekatan ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan bagi semua kelompok masyarakat, termasuk kelompok marjinal. Misalnya, memberikan pengakuan atas identitas kelompok marjinal yang tereksklusi ini dalam data kependudukan akan membuka akses pelayanan publik bagi mereka. Dengan adanya diseminasi konsep pelayanan publik bagi kelompok marjinal, diharapkan OPD dapat membuat program inklusif di daerahnya masing-masing.
Program ini sejalan dengan nilai Keterbukaan Pemerintah yakni inklusif. Inklusivitas dapat dicapai ketika kelompok yang tereksklusi bisa mendapatkan haknya sebagai warga negara seperti warga negara pada umumnya.
Program ini sejalan dengan Program Prioritas RPJMN terkait Penyelenggaraan Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu dan Goal 1 dari SDGs untuk memberantas kemiskinan.
Webinar Inovasi Layanan untuk Kelompok Marjinal: https://www.youtube.com/watch?v=UMhDUFALl9M dan OGI News https://ogi.bappenas.go.id/storage/files/news/E7VPT8dU1QJq2p87cdJJxx5QbYKb12j6E3uZw5XY.pdf
Bahan-bahan terkait: https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/8FIy0p0DPqiPJcJ
FGD Penyiapan Bahan Pelayanan Publik untuk Kelompok Marjinal- Februari 2021: https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/Kkg3N0jXx38izSR
Rekomendasi Pelaksanaan Jaring Pengaman Sosial untuk Kelompok Marjinal terdampak COVID-19: https://ogi.bappenas.go.id/storage/files/news/sgMLJZRDFMiOU5gDJi4D90zxIJgPW0RPYqLbjDgz.pdf
Kelompok Rentan di Masa Pandemi: Perspektif Perubahan Iklim dan Sosioantropologi: https://ogi.bappenas.go.id/storage/files/news/PgsuVWivxecBy9Sqj00oJBfsl94LlB4q7UiE6Vkk.pdf
Launching Inovasi Pelyanan Publik Kabupaten Sorong: https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/uPHGJJAYOxJkeIv
sekretariat.ogi@bappenas.go.id
+6221-3148-551 ext. 3504
Ukuran Keberhasilan 2020-2022 | Status | Data Dukung |
---|---|---|
Jumlah daerah yang mendapatkan diseminasi konsep "Pelayanan Publik bagi Kelompok Marjinal" kepada kalangan OPD. | Sedang Berjalan |
Data Dukung B06
https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/YrIP1jaPPbCjkqx
Data Dukung B12 https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/FpMGOkJAF99mXtH Data Dukung B18 https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/d9w5t4qZh54IcKU |